Kamis, 25 Desember 2008

Merry Xmas


Apa sih natal itu? Kenapa semua orang begitu heboh dengan natal? Negara Jepang yang mayoritasnya bukan orang beragama Nasrani aja heboh banget dengan hiasan-hiasan natal di kota-kota mereka. Bahkan, mereka punya tradisi natal segala walau bukan beragama Nasrani. Indonesia juga, semua negara pun juga begitu kok. Kalau menurut gw sih, mereka heboh dengan natal untuk meramaikan bulan Desember aja Hahaha.

Terus, emangnya Yesus beneran lahir tanggal 25 Desember? Beneran loh ada yang tanya begini ama gw. Anak mahasiswa juga hahaha. Yah, gw ketawa-lah. Emangnya dia ga mikir apa kalo jaman dulu udah ada yang namanya kalender? Euleuh-euleuh, dulu mah kaga ada yang namanya bulan Desember, neng. Tapi, gw pun waktu kecil malah lebih bego lagi dari dia. Gw dulu berharap kalo tanggal lahir gw itu tanggal 25 Desember biar gw jadi orang suci kek Yesus. Ato gw mikirnya kalo orang yang lahir tanggal 25 Desember itu adalah orang suci. Malahan gw pernah nge-rumpi ama temenku yg Queen-wannabe itu. Kata dia, dia punya saudara sepupu yang lahir tgl 25 Desember, tapi kok dia bandel banget? Dan, kita berdua pun tenggelam dalam pikiran masing-masing dan memutuskan kalo anak itu pasti kek Yesus kalo udah gede. BEGOOOO nya kitaaa!!!Photobucket

Well, jawaban yang benar itu: Para ilmuwan sekalipun tidak dapat memastikan kapan tanggal lahir pasti Yesus, walau gw pernah dengar selentingan kabar kalau berdasarkan musim jaman Yesus lahir itu, kira-kira Yesus lahirnya bulan Juli gitu. Ini didasarkan pada event sensus penduduk yang besar-besaran itu (sensus Kaisar Roma). Lalu, kenapa akhirnya jadi tanggal 25 Desember yang ditetapkan sebagai hari lahirnya Yesus? Kenapa ga diubah aja jadi bulan Juli itu? Lah, tanggal 25 Desember itu udah jadi tradisi secara turun-temurun, lagipula ada artinya loh. Kalau dalam pelajaran agama gw waktu SD, gw ingat banget kalau tanggal 25 Desember itu dijadikan hari keramat bagi para pemuja Dewa Matahari. Menurut suku ini, tanggal 25 Desember itu adalah hari lahirnya Dewa Matahari. Karena di tempat kelahiran mereka, biasanya Matahari akan muncul pada tanggal tersebut setelah berminggu-minggu lamanya ditempa musim dingin yang kejam.

Ketika agama Kristen diajarkan pada mereka, mereka pikir Yesus ini sama seperti matahari yang menerangi hidup mereka yang gelap. So, dibuatlah hari perayaan lahirnya Yesus sama seperti perayaan dewa mereka sebelumnya. Tanggal 25 Desember dijadikan lambang bagi mereka kalau kelahiran Yesus menjadi terang dalam hidup mereka. Tanggal 25 Desember pun menyebar ke seluruh dunia dan dirayakan oleh semua umat manusia.

Karena itu, jadikan tanggal 25 Desember momen terindahmu dengan orang-orang yang kalian kasihi. Buat mereka tahu kalau kalian menyayangi mereka. Dan katakan pada mereka kalau mereka telah menjadi terang dalam hidupmu. So, STARTS NOW!!! 
 
Merry Xmas, all people!

Kuucapkan selamat natal pada semua orang, walau kalian non-Nasrani sekalipun! Kalian juga perlu merayakannya dalam arti yang berbeda.

2 komentar:

Tuliskan kesan dan pesan anda. I only receive spam from friends only, please. Thank you.