Minggu, 11 Januari 2009

4 Rahasia Menjadi Orang Sukses

 
Tadi ada pak Agus Sultan. Gw emang dari dulu suka sama dia. Seperti biasa, dia masih sama narsisnya kek kemarin-kemarin. Suka ngaku ajdi selebritis gitu xixixi. Jadi, dia tadi menceritakan bagaimana rahasia orang-orang bisa sukses.

1. Utamakan Tuhan.
Tuhan yang gw maksud di sini adalah Tuhan yang universal, bukan Tuhan yang terikat oleh agama loh ya. Kalian mau nggak mau pasti mengaku kan’ kalau ada kekuatan yang lebih besar dari manusia yang terkadang ga bisa dijelaskan dengan akal manusia. Walau kalian atheis sekalipun, kalian pasti mengaku kalau Tuhan itu ada. Intinya yang gw mo omongin di sini adalah.... Lo boleh aja sekaya Bill Gates atau punya otak jenius kayak Einstein dan karena itu, elo selalu yakin oleh apa yang elo rencanain dalam hidupmu akan berhasil. Weits, tunggu dulu, man. Walau sehebat apapun rancangan elo akan masa depan elo, tapi kalau Tuhan nggak mengijinkannya, semua usaha elo tetap aja NOL BESAR. Kita harus benar-benar pastikan terlebih dahulu apa mau Tuhan untuk kamu lakukan ke depannya? Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan. Buka hatimu lebar-lebar dan biarkan God berbicara dalam hatimu. Untuk yang ini, jangan pernah gunakan unsur logis di sini. Analogikan aja kalau semenjak lahir, manusia udah diperlengkapi dengan insting dan biarkan insting ini yang menuntunmu.

Kalo kalian lulusan teknik tapi hatimu mengatakan untuk menjadi fotografer, lakuin aja. Kalo kalian ga punya modal sama sekali, tapi God mau kamu buat suatu usaha tertentu? Coba aja pinjem ke bank atau teman, pasti selalu ada jalan yang terbuka kalau kamu berjalan sesuai maunya Tuhan. Catat itu. Selalu ada jalan terbuka. Karena itu, sertakan hikmat kebjaksanaan dalam keputusanmu sebelum semuanya terlambat.


2. Cari Pengetahuan Sebanyak-Banyaknya.
Bidang apa sih yang pengen kamu geluti? Yang mendorong kamu ingin menjadi sukses? Oke deh, misalnya kalian ingin membuat usaha di bidang otomotif. Kalian carilah pengetahuan di bidang itu sebanyak-banyaknya. Jangan jadi katak dalam tempurung. Dan, kalau kalian misalkan bergerak dalam bidang manajemen, ya belajarlah banyak-banyak soal itu. Kalian perluas juga pergaulan kalian dan kenal dengan banyak orang dari berbagai bidang. Sering-seringlah bertukar pikiran dengan mereka, minta saran dan kritik mereka. Jangan malu untuk ‘minta’ dididik oleh orang lain, terutama oleh orang yang lebih muda dari kita.

Ada satu perkataan pak Agus yang gw suka. Rahasia orang besar itu ada dua katanya. Satu, tidak besar kepala ketika dipuji dan kedua, tidak hancur ketika dikritik orang lain. Kadang-kadang kalau kita dipuji orang orang lain, kita jadi merasa cepat puas dengan pekerjaan kita dan ujung-ujungnya kita jadi malas untuk berusaha lagi. Apalagi kalo kita dikritik oleh orang lain, beuh. Gw pribadi sih tipe orang yang merasa cepat puas kalau dipuji, tapi kalo dikritik, gw malah semakin berpacu untuk melakukan yang lebih baik. Karena itu, gw selalu bilang sama orang-orang di sekitar gw, jangan puji gw. Tapi itu keknya dipengaruhi oleh faktor di mana gw selalu dihina orang kali ya? Saking nistanya diri gw, jadi orang-orang pada males muji-muji gw. Photobucket


3. Rajin.
Hmmm... lo pikir duit itu datang langsung dari atas langit? Ya kerjaa, doong!!!

Tangan orang rajin memegang kekuasaan,
tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.

Nah loh. Kalian mau jadi budak emangnya?

Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia,
Sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

Kalau orang rajin selalu diberi rejeki tuh. Lo kira yang jadi Bos itu kerjanya cuma tanda tangan doang trus pulang? Kagak. Justru yang jadi bos kerjaannya lebih ribet (sotoy bgt, pdhl ga pernah jd bos). Ah, gw ada kata-kata soal pemalas.

Hai pemalas, pergilah kepada semut,
Perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak;

Biarpun tidak ada pemimpinnya,
pengaturnya atau penguasanya,
Ia menyediakan rotinya di musim panas,
Dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring?
Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu?
“Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi,
Melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal ebrbaring”

Maka, datanglah kemiskinan kepadamu
seperti seorang penyerbu,
dan kekurangan seperti orang yang bersenjata.

Ah, kata-kata ini menohok dadaku dengan sangat perihnya huhuhhu karena gw malas sangat orangnya. Photobucket


4. Jujur.
Jaman sekarang adalah jaman susah. Malah makin susah kalo kita jadi orang jujur. Gw jadi inget bokap gw. Bokap gw tuh hanya berusaha melakukan apa yang menjadi kewajibannya dan menolak hal-hal yang tidak semestinya. Tapi, apa yang dia dapat? Dia jadi kambing hitam dalam segala permasalahan di kantornya. Dan, kalo kalian kira kerjaan KPK itu udah bener, kalian salah. Yang disorot di tivi itu banyak yang mengaku ‘menerima’ gratifikasi saja. Bukan korupsi yang sebenarnya (dan kalian jangan bandingkan masalah ini sama Akbar Tanjung dan penjahat kakap korupsi lainnya.) Gila yah. Gw sendiri ga nyangka kalau uang itu punya kekuatan sebegitu besarnya. Masa yah gara-gara punya duit, ada aja orang-orang yang mengatur isi perundangan-undangan seenaknya sendiri padahal undang-undang itu berlawanan sama UUD atau UU lainnya. ANJROT! Hancur nggak tuh Indonesia? Photobucket


Dan tolong yah kalian jangan menganut perkataan ‘Everybody does it’ yang memacu kalian untuk berbuat tidak jujur lantaran semua orang melakukan hal curang dan itu dianggap lumrah. Kalau kalian bawa mobil atau motor, berhentilah ketika lampu lalu lintas berwarna merah. Jangan asal ngeloyor mentang-mentang ga ada polisi. Masalah kecil begini aja pake dikorupsi segala. Malu gak sih kalian orang Indonesia? Dan untuk KPK (gapapa dong. Moga2 ada org KPK nyempil di sini.) Kenapa sih lo salah nangkep orang mulu? Lo mending ganti cara elo nangkep koruptor. Lo kasih hadiah kek untuk orang yang berani mengungkapkan korupsi, jangan malah makin menyiksa mereka yang melaporkan kejahatan. FYI untuk orang awam, sebenarnya BANYAK BGT kasus yang tidak disorot KPK lantaran tidak ada orang yang berani melaporkannya. Ya gimana gak takut kalo ngelapor aja malah dianggap kroco oknum koruptor dan belum lagi tetek bengek lainnya yang makin memberatkan mereka ke depannya.

Jadi, (ini hasil bisik2 para pejabat—dan mantannya yang pernah gw denger percakapannya) sudah lumrah di kalangan mereka akan munculnya paham ‘Lebih baik diam daripada celaka’. Nah loh. Makin susah kan kalo kek gini?

Ya itu tadi 4 tips menjadi orang sukses. Semoga membantu hehe.

Photobucket

3 komentar:

Tuliskan kesan dan pesan anda. I only receive spam from friends only, please. Thank you.