Kamis, 14 April 2011

Salah Paham dan Tertipu

Pikiran dan persepsi orang lain mengenai sesuatu hal bisa berbeda-beda. Seringkali hanya karena masalah ini, malah jadi pertengkaran besar yang melibatkan banyak orang.

Sebagai contoh, gw mo tanya gambar di bawah ini. Menurut anda, cewek di bawah ini telanjang nggak?




Bagaimana? Udah diteliti secara detil? Apakah cewek di tengah betulan telanjang atau tidak?

Jawabannya, tidak. Tubuh cewek yang di tengah ditutupi oleh lengan berlemak cewek yang di depannya. Nggak nyangka kan' kalo foto bisa membuat ilusi optik yang bisa menipu mata kita?!

Di dalam hidup juga bisa sering loh menemukan hal yang serupa. Kita semua bisa tertipu walau sepintar apapun kita.

Kalau di dalam kehidupan nyata gw yang sekarang, gw udah tertipu berkali-kali. Walau gw punya insting kuat sekalipun untuk mengenali kepalsuan seseorang, tapi tetap aja gw ketipu. Soalnya, gw ngga suka berpikiran negatif tentang orang lain. Gw udah pernah bilang kan' sebelumnya? Kalaupun gw berpikiran negatif tentang orang lain, gw pasti akan tanya blak-blakkan untuk mengubur kecurigaan gw. Emang sih' nggak semua orang suka cara ini dan pada akhirnya karena gw ngga suka nyakitin perasaan orang, gw diam-diam aja. Persis kek yang gw lakuin ama teman gw berinisial E.S.

Gw kira dia orang yang bisa dipercaya. Ya dia memang pembohong ulung, tapi bukan berarti dia orang jahat. Begitulah pikiran gw selama ini hingga gw ceritain semua rahasia gw, aib, kehidupan cinta, orang-orang yang pernah ada di hidup gw, bahkan gw nggak segan-segan meminjamkan hape kesayangan gw yang merupakan hadiah surprise dari papa. Bayangkan, gw kasih hape yang paling bagus sama dia, bukan hape ecek-ecek buatan Cina yang setahun langsung benyek kek mencret. Terus terang, hape itu berharga banget buat gw. Bukan masalah materinya, tapi setiap gw ngelihat hape itu, gw langsung keingat papa gw yang udah baik banget ama gw kalo lagi kesel banget ama dia. Sedih kalo ngga ada hape itu di samping ane. Hiks.

Gw juga nggak segan-segan bayarin E.S setiap kita jalan atau nongkrong. Yah, ngga semuanya sih. Tapi sekitar 98% semua biaya gw yang tanggung kalo kita berdua jalan. Dan itu selalu. Dan iya, kita sering banget jalan. Gila, berapa tuh semuanya kalo dijumlah wakakakak. Auk lah, gw kagak ngurus yang beginian sih. Tapi, gw sakit banget setelah tahu kulit asli orang itu.

Ternyata, selama ini gw selalu dijelek-jelekkin di belakang gw. Oke, ngga apa-apa kalo masalah ini. Gw sering banget hadapin 'Muka Dua'. Tapi, yang buat kecewa, sedih dan kesal, dia banyak bohong ama gw. Dan salah satu kebohongannya menyeret seorang cowok yang gw sukain sampe gw merendahkan diri di depannya karena kebohongan E.S brengsek. Rumit kalo diceritain. Jadi, gw cuma akan cerita begini aja.

Beberapa hari kemudian, gw dikasih tahu fakta baru. Si E.S selama ini suka bilang-bilang ke semua orang mengenai rahasia, aib, dan semua kehidupan pribadi gw yang membuat nama gw jelek. Ternyata, dia juga biangnya yang mendesain kebohongan sempurna sampai-sampai ada orang nganggap gw 'ayam yang perlu digaruk', ngajak gw ke hotel segala dan selalu ngejek-ngejek gw dengan lelucon nafsu berahi najis.

Ditambah lagi, hape kesayangan gw, katanya, selalu jatuh karena dia ngga pernah bener jaga hapenya. Bahkan, dia sudah menjual hapeku sama temannya.

Gw juga sedih banget dengar pengakuan temannya. Gw kira dia orang yang apa adanya. Mau miskin kek, mau kaya kek. Mau punya gedong tingkat seribu ato rumah gubuk 4L (4L= Lo Lagi Lo Lagi), yang penting jujur dengan keadaannya. Toh kaya dan miskin sama aja asal ngga ada kepalsuan di dalam dirinya. Gw kira dia orang seperti itu, dan gw senang banget dengan orang yang apa adanya. Tapi nyatanya, dia nyimpan kegelapan di dalam hatinya. Dia bohong mengenai dirinya. Katanya, dia selalu iri dengan gw, dan setidaknya di dalam pikiran gw, dia selalu berusaha membuktikan dirinya lebih dari gw. Gw sedih banget pas tahu kalao dia melakukannya nggak setengah-setengah, soalnya sampe membuat orang lain menderita habis-habisan cuma karena ingin 'mengalahkan' gw. Dia sampe tega membuat orang lain menangis darah dan bercucuran keringat cuman karena alasan itu.

Ditambah lagi, hape kesayanganku dibilang properti sah miliknya yang dibeli dari keringatnya sendiri.

Ya ampun, kok gw bisa kenal orang macam ini sih?

Kok bisa dia jadi sahabatku sih?

Kok bisa?

Duh, sakit banget hati gw.....

4 komentar:

  1. foto itu sering ku lihat jadi bahan lucu-lucuan :D

    eh inisial belakangku juga E.S lho.. jangan jangan -_-

    tuhan ga akan memberi cobaan melebihi kemampuan umatnya. :)

    BalasHapus
  2. intinya kamu jgn terlalu percaya sama orang ntar malah kecewa. saya juga suka gitu soalnya. dikecewakan orang2 yg saya percayai

    BalasHapus
  3. begitulah mbak..

    (awalnya saya liat gambar itu emang langsung fikiran jorok)

    tapi dilihat lebih teliti, ternyata memang bukan..
    yah, seperti kehidupan yang kita lihat dari berbagai macam sudut perseps..

    BalasHapus
  4. E.S. orang sialan...

    E.G. Orang KEREEEEEEEEEEEEEEEEENNNN!!!

    BalasHapus

Tuliskan kesan dan pesan anda. I only receive spam from friends only, please. Thank you.