Rabu, 25 November 2009

Supernatural: DEVIL





Familiar dengan film serial Supernatural? Gw sendiri baru nonton film ini seminggu belakangan, padahal gw udah lama dengar tentang film ini dari sekian banyak teman yang menjadi fans fanatik sama film yang menurut gw ngga guna ini. Soalnya gw tahu film barat macam beginian pasti mencampurkan urban legend, sejarah, fiksi yang diolah sebegitu rupa hingga meyakinkan penonton kalau cerita yang disuguhkan itu benar-benar NYATA. Makanya, gw males banget nonton film genre macam ini. Kadang penonton (termasuk gw) ga bisa milah mana yang benar dan mana yang salah.

Tapi karena aye berada dalam kebosanan tingkat tinggi yang memaksa gw harus tinggal di dalam kos berhari-hari lantaran sakit, gw akhirnya tergoda juga untuk menontonnya. Awalnya, gw menikmati jalan cerita film ini. Ada dua bersaudara, Dean and Sam Winchester yang melakukan petualangan untuk mencari ayahnya yang hilang sambil berburu hantu dalam perjalanan. Unik, sekaligus exciting, kadang-kadang shock jantung ngelihat hantunya. Tapi, begitu episodenya udah nyenggol ke 'DEVIL' alias iblis, everything seems not right anymore.

Alasannya?

Bukannya sombong atau apa. Gw udah bilang kan kalo gw kutunya kutu buku? Semua buku yang gw baca mulai dari kitab suci agama gw sendiri, majalah, buku sekular, sejarah, dan semua buku kesaksian orang-orang yang mengenal iblis karena secara literal, mereka bekerja pada iblis dan melakukan semua perintah dari Lucifer langsung. Well, film Supernatural kadang sangat bertentangan sama semua yang gw baca.

Langsung saja, gw confront values di dalam pelem sekuler dengan semua fakta yang gw tahu, tapi sebelumnya gw mau cerita bagaimana iblis itu ada?





Iblis. Jangan pikir kalau mereka itu memang ditetapkan oleh Tuhan untuk lahir dan tinggal di neraka. Kata lain dan definisi iblis sebenarnya adalah Fallen Angels, mereka adalah para malaikat yang telah jatuh pada dosa. Seperti yang kalian ketahui, seorang malaikat seharusnya berhati kudus, selalu setia dan taat pada semua perintah Pemimpin. Tapi, jika di hati mereka muncul kebencian, iri hati, dengki, nama mereka bukan malaikat lagi dong. And thats what happen to Lucifer dan semua malaikat pengikutnya hingga menurut kitab suci Kristen, Tuhan mengusir seperempat malaikat surga ke bumi.

Berdasarkan kitab suci Kristen lagi, semua Fallen Angels ini tidak semuanya jatuh ke neraka. Ada yang jatuh ke awan, ke pepohonan, sungai, danau dan lautan. Menurut aye, orang-orang yang menyembah ke pohon, sungai/danau (bangsa Celtic) brarti nyembahnya ke iblis yang jatuh ke pohon,dll. Semua yang bukan berasal Tuhan pastinya adalah hitam.

Banyak hal yang bisa dibahas mengenai tiap detil di film Supernatural dan juga film-film sejenis lainnya yang bertentangan dengan kebenaran yang gw tahu.

Dan berikut fakta-faktanya:


1. Iblis tidak bisa menghidupkan orang mati.

Banyak scene serial Supernatural di mana Dean, Sam dan Jack Winchester menjual jiwanya pada iblis untuk membangkitkan orang yang mereka cintai. The truth is, The Devils have no power to do that. Masalah hidup dan mati adalah teritorinya Tuhan dan iblis sama sekali tidak bisa pergi menjemput roh yang sudah ditetapkan Tuhan berada di Surga maupun neraka lalu diantarkan kembali ke tubuh mereka di bumi.

Satu-satunya cara untuk hidupin orang mati ya minta sendiri sama Tuhan. Jangan minta sama iblis lah. Siapa bilang hal ini mustahil? Tuhan tuh bisa buat apa aja. Ngga ada yang mustahil buat Tuhan. Setidaknya gw kenal salah satu orang yang benar-benar rise from the dead. Dan cara untuk melakukan hal ini hanya bisa dimungkinkan oleh iman yang besar dan juga errr....yeah, nanti gw jelasin kapan-kapan.

2. Ada Iblis baik?
Nyimak ngga tulisan gw di atas di mana gw bilang iblis itu adalah malaikat. Brarti iblis sudah ada sebelum dunia ini diciptakan. Mereka sudah ada sebelum manusia ada. Percaya ngga kalo gw bilang mereka sudah mengenal sifat manusia sampai ke akar-akarnya? Mereka tahu benar bagaimana merangkai kata-kata persuasif untuk diucapkan pada manusia demi kejatuhan manusia dalam dosa. Sudah tentu mereka juga tahu di mana mereka harus bergerak dan apa yang mereka lakukan selanjutnya. Entah apakah mereka harus menawarkan kekayaan tidak berbatas pada manusia, menawarkan kemampuan di luar manusiawi untuk memenuhi segala keinginan manusia seperti santet misalnya,dll. Iblis tahu benar bagaimana membujuk manusia. Jadi, nyaris tidak mungkin kalau iblis itu mempunyai hati yang baik dan tulus.

3. Tidak ada jalan untuk membatalkan perjanjian dengan iblis.
Di film supernatural, Dean akhirnya meninggal setelah batas waktu perjanjian dengan iblis berakhir. Dean berusaha mencari berbagai cara untuk membatalkan perjanjian, tapi sama sekali tidak ada jalan lain.

THE TRUTH is ada SATU cara untuk membatalkan perjanjian dengan iblis, yaitu cari lawan mereka yang ditakuti. Siapakah itu? Ya Tuhan lah. Minta aja sama Tuhan untuk melindungi kalian setelah buat perjanjian ga bener sama iblis. Tapi kenyataannya tidak semudah dengan yang gw bilang, karena hutang darah yang elo punya sama iblis harus diputuskan terlebih dahulu dan itu artinya, sebuah pelunasan hutang. How? Lo harus bayar hutang elo pake darah juga, tapi tidak sembarang darah. Karena kalo sembarang darah, si iblis ga puas walau elo ngasih 1 triliun nyawa manusia sekalipun. Harus memakai darah yang 'unik', unbelievably holly karena si pemilik darah tidak pernah berdosa semasa hidupnya.

Lalu, siapa orangnya? Karena tidak ada seorangpun pun manusia yang tidak pernah berdosa, kecuali kalau dia sendiri bukan manusia. Tapi, ORANG itu memang benar-benar ada, bahkan darah DIA dipakai untuk menyucikan semua manusia.

Yeah, masih banyak fakta lainnya. Ini udah kepanjangan. Kasihan yang baca hehehe. Lanjutannya besok saja.


13 komentar:

  1. good one frey,
    thing is iblis bisa tipu muslihat,
    seakan2 menghidupkan org mati tp apa yg ada dibadan si manusia sebenernya roh iblis lain gitu

    BalasHapus
  2. Ayahku paling suka nonto supranatural sendirian, tapi kalo aku disuruh nonton sendiri, takut ah...

    Aku suka ulasanmu tentang ini. Frey! Serius dehhhh.. hehehhee.

    Btw, iblis itu fallen angels, kalo Angel on Earth?? (huaaa huaaa huaaaa -- serasa gemana gitu.. ) Malaikat yg bertobat kale yah,,, (gw artiin sendiri2.. hahahhaa)

    BalasHapus
  3. ogut paling setuju no 1
    iblis menghidupkan orang mati?
    hiii, mimpi kali. dimana" yang bisa menghidupkan orang yang udah mati cuma Tuhan sendiri, terbukti dari mukjizat yang Tuhan lakuin waktu ngebangkitin orang mati (ogut yakin ente paling tau ada di kitab apa itu kisah, hihihihi)

    BalasHapus
  4. jiyaaahhhhh aq malah tahu film ini darisini..... xixixixi gak suka nonton soalnya, btw fakta tentang iblis ini ngebuat aq sreg baca sampe akhir..... jadi penasaran fakta2 laennya niy....

    BalasHapus
  5. tika ntn pilem ini cuma sepotong2,,
    jadi dean mati yah???..
    oya dean yg mana sih ya??? :D


    ceritanya seru nih, tika jadi mikir ttg iblis, trus baca komen dr gek, koq ngga banget yah hehe

    BalasHapus
  6. dulu suka nonton, cuma karena serial suka ilang-timbul jadi males deh ikutin lagi...

    BalasHapus
  7. Aku nggak pernah nonton,... makasih atas ulasannya yang lengkap.
    Jadi kepingin nonton juga.

    BalasHapus
  8. wah selain blogger wati, si freya ini pakar devil juga yak??? ha,ha,ha

    BalasHapus
  9. @ becce: sialan lo gw dibilangin pakar devil *gotong becce ke Lusimpret*

    BalasHapus
  10. klo wa cm sekedar pgn taw jalan ceritanya n pgn liat kerenya pilm2 bikinan amrik.
    masalah hal yg menjadi inti cerita itu wa kga pernah aggp itu nyata, taw sndri kan? namanya aja FILM. bodoh! klo ni ketawan fan supernatural bs abis lu.

    dmn mn jg FILM smua itu FIKTIF! understand gals?
    sory krn sbnrnya w jg fan SUPERNATURAL. makanya wa rada emosi liat tulisan lu ini.

    lu jg salah udh taw fiksi dan bertentangan dgn kepercayaan lu, dan lu blg kga maw nonton, tp lu tergoda untuk nonton, berarti lu dalam pengaruh IBLIS tu saat itu. wakakakakakaak :D

    BalasHapus

Tuliskan kesan dan pesan anda. I only receive spam from friends only, please. Thank you.