Kamis, 03 Desember 2009

Supernatural: Angels




Kayak apa sih gambaran malaikat di pikiran kalian? Apakah mereka memakai baju putih cemerlang, memiliki sayap di punggung, rupa yang cantik dan tampan, serta rambut pirang terang yang indah? Well—yeah. Mimpi khayalan kalian emang ngga salah, tapi menurut sumber yang gw baca, dengar maupun melalui peneropongan mata batin *halah*, tidak semua malaikat seperti itu.

Banyak rupa-rupa jenis fisik malaikat seperti banyaknya macam-macam manusia di bumi. Malaikat-malaikat tersebut ada yang bersayap maupun tidak. Bertubuh besar kayak raksasa (lebih tinggi dari atap rumah), atau bak Ade Rai yang berotot besar nan kekar, sebagian ada yang biasa-biasa saja, kecil, imut, ada yang seperti gambaran cupid—kecil, bersayap. Beberapa ada yang membawa senjata perang seperti pedang, tombak atau tidak sama sekali. Yeah, macam-macam jenisnya. Tapi, bukan itu yang penting. Sebelum membahas masalah ini, gw mau lurusin satu hal.

1. Angels are not a GOD nor human.
Kalo ada yang sampai ngepens banget sama Angel melebihi penciptanya, itu namanya berhala. Mereka memang makhluk mistis, but still not worth to worship. Dan satu lagi pelurusan kesalahpahaman yang mengotori kebenaran lantaran begitu banyaknya pengkhayalan nista. Malaikat tidak akan pernah menjadi manusia dan juga sebaliknya, manusia tidak akan pernah menjadi malaikat. Coba deh pikir, memangnya kenapa malaikat setinggi Lucifer mau susah-susah memberontak dan menjadi penghuni neraka? Karena sedari awal sudah ditentukan kalau tugas malaikat melayani manusia.

Bahkan, kalau kita mati dan diizinkan Tuhan tinggal bareng ama Dia, kita diserahi hak untuk menghakimi semua malaikat. Ini dilegalkan ama Tuhan kok karena ditulis di kitab sucinya aye memang begitu adanya hehehe.


2. Jenis mereka.
Seperti gw bilang di atas, jenis mereka macam-macam dan begitupun tugas mereka. Gw ngga tahu secara jelasnya sampai ke detail-detailnya soalnya gw belum pernah wawancara langsung sama penghuni surga. Iya gw asalnya dari sono-sono juga, tapi waktu itu kan mata gw masih belum melek karena udah keburu disuruh turun ke bumi alias nangkring di perut nyokap hihihi. Pokoknya gw kasih tahu yang gw tahu dan semua ini bersumber dari kitab suci gw.

o) Seraphim
Malaikat ini ditulis dengan kemunculannya yang berada di sekitar tahta Tuhan. Mereka mempunyai enam sayap. Dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka, dua sayap dipakai untuk menutupi kaki mereka, dan dua sayap dipakai untuk melayang-layang. Siang dan malam, mereka akan selalu berseru: ”Holy, holy, holy is the Lord of hosts. All the earth is filled with His Glory." Kalo dilihat-lihat, mungkin mereka ….err….rada horor soalnya di sekeliling sayapnya dipenuhi mata (merasa deja-vu karena pernah liat yang sejenis di mimpi).

Gw nggak tahu kenapa, tapi menurut teori doktrin terbaru, Seraphim menduduki peringkat teratas dalam hierarki Malaikat di surga. Setahu gw sih ngga ada pernyataan begituan di kitab suci aye. Tapi mungkin hal tersebut muncul karena makna Seraphim yang terkesan ’tinggi’. Arti Seraphim sendiri adalah menyala-nyala, dan di alkitab dikatakan bahwa mereka begitu terbakar oleh perasaan cinta kepada Tuhan. Kalian tahu kan’ bagaimana rasanya jatuh cinta mula-mula yang buat mabuk kepayang? Seraphim selamanya dan sampai kapanpun akan tetap merasa seperti itu pada Tuhan.

o) Cherub
Bahasa Indonesianya disebut Kerub. Deskripsi fisik malaikat ini malah lebih jauh berbeda dari khayalan kita. Mereka ini mempunyai empat wajah, yaitu wajah manusia, lembu jantan, singa dan elang. Sama kayak Seraphim, sayap mereka dipenuhi mata dan Kerub juga memiliki kaki lembu jantan. Tugas mereka adalah menjaga pintu taman Eden yang dulu bebas dimasuki oleh Adam dan Hawa.

o) Archangel
Semua orang kebanyakan pasti sudah tahu soal ini. Kasta ini terdiri dari Gabriel, Michael, dan Raphael. Dulu Lucifer berada dalam kategori ini sebelum jatuh ke neraka. Archangel ini juga dikenal sebagai ‘The Watchers’. Mereka ditugaskan Sang Pencipta untuk berhubungan langsung dengan manusia. Mereka juga mengawasi pekerjaan malaikat lainnya dan menjadi pemimpin di sebuah pasukan peperangan roh.

Di alkitab kristen, sebenarnya hanya nama Gabriel dan Michael saja yang muncul. Nama Raphael pun hanya muncul di kitab tambahan alkitab Roman Katolik. Mari kita bahas satu per satu.


Gabriel
Mungkin dialah malaikat paling populer dan paling banyak dikenal oleh manusia. Rata-rata sih Gabriel dirasa familiar karena dialah yang menjadi utusan yang mengabarkan pada Maria kalau perawan itu akan mengandung tanpa pernah bersetubuh dengan siapapun. Padahal kemunculan Gabriel sudah ditulis jauh sebelum peristiwa itu terjadi. Di Perjanjian Lama, Gabriel menyampaikan pesan pada nabi Daniel mengenai masa akhir dunia. Jeh, bayangin aja. Mesias belum datang, tapi udah dikasih pesan tentang hari kiamat?! Makanya Gabriel kasih pesan tambahan buat Daniel untuk menyembunyikan catatan penglihatannya rapat-rapat.


Michael
Atau Mikhael versi bahasa Indonesia, dikatakan sebagai Pangeran, ‘the great prince’ di alkitab. Setelah gw cari-cari sampe puyeng, akhirnya gw nemu deskripsi fisik malaikat ini yang tercatat di Dan 10:6, “Tubuhnya seperti permata Tarsis dan wajahnya seperti cahaya kilat; matanya seperti suluh yang menyala-nyala, lengan dan kakinya seperti kilau tembaga yang digilap, dan suara ucapannya seperti gaduh orang banyak.” Michael ini adalah seorang panglima perang yang secara harafiah seorang petarung tangguh. Di kitab Daniel, Michael berperang sungguhan melawan musuh nabi Daniel.


Raphael
Gw nggak tahu banyak soal malaikat satu ini. Keberadaan malaikat ini pun hanya ditulis di kitab Tobit yang menyebutkan dirinya sebagai ‘salah satu dari tujuh yang berdiri di hadapan Allah’. Apakah maksudnya Archangel itu terdiri dari 7 malaikat dan bukannya 4 yang umumnya diketahui orang-orang? Jangan-jangan 7 malaikat ini yang membuka segel akhir zaman seperti yang ditulis di kitab Wahyu?


Uriel
I have no idea about this angel, kecuali bahwa definisi dari namanya sendiri yang berarti Light of God. Selebihnya gw ngga pernah baca nama ini di alkitab.


Oleh karena jenis-jenis malaikat ada banyak, saya terpaksa hanya menulis yang masuk dalam kategori utama saja. Kategori lainnya ada yang terdiri dari malaikat biasa-biasa saja, malaikat pelindung anak kecil. Oh ya, setiap anak kecil mempunyai malaikat yang langsung berhadapan dengan Allah. Jangan pernah buat macam-macam sama anak kecil, apalagi menyesatkan mereka, karena mata Allah senantiasa tertuju pada mereka.

3. Cara komunikasi antara Angel-God-penghuni surga lainnya.
Pernah dengar tidak soal Bapa, Putra dan Roh kudus yang sampai-sampai sering menimbulkan kesalahpahaman bahwa Tuhan orang kristiani itu menyembah pada 3 Tuhan? Dan pernah dengar juga nggak bagaimana orang kristiani menjelaskan persoalan tersebut dengan menjawab bahwa Bapa, Putra dan Roh kudus itu sebenarnya adalah satu? Oke, gw bakal jelasin prakteknya kenapa Bapa, Putra dan Roh kudus itu adalah satu.

Contoh nih, aye mati trus masuk surga (amin ya Tuhan amiiiin). Berhubung aye orang baru di sono, wajarlah kalo nanti aye bakalan rada udik hehe. Ngelihat jalanan dipenuhin emas, aye diem-diem ngantongin satu dan berpikir dalam hati, ’Lumayan buat pajangan.’ Eh ga tauknya, malaikat pembimbing aye ngikik sambil bilang, ”Duh cuma emas kecil doang kok malah dibuat pajangan? Di sini banyak kok batu mulia yang lebih indah dari emas.” Dweng!!! Begimana caranya si malaikat ngarti, padahal aye ngomong di dalam hati? E dodo E, ternyata di Surga itu semua isi hati terdengar lebih kencang buat semua penghuni surga ketimbang ngomong di mulut. Apapun isi hati dari si A misalnya, pasti langsung diketahui oleh semua penghuni surga detik itu juga. Apapun isi hati Putra, malaikat tahu dan begitu pun Bapa. Bahkan saat kita susah mengutarakan kata-kata untuk menggambarkan perasaan kita, semua penghuni surga ikut merasakan apa yang kau rasakan. Sama sekali tidak ada yang tersembunyi di sana. Tapi mungkin hanya isi hati Bapa yang tidak bisa diketahui seluruhnya.

Bapa, Putra dan Roh kudus adalah satu karena mereka memiliki hati yang sama. Bagaimana mungkin mereka bisa berbeda dalam kondisi seperti itu? Bisa-bisa malah kayak Lucifer.

*Masih mikir* Masih ada lagi nggak yah yang harus gw sampaikan? Ups, ane lupa bilang. Sebenarnya, semua manusia selalu dijaga oleh roh Tuhan. Roh yang gw bilang sayangnya bukan malaikat seperti yang gw gambarkan di atas, tapi merupakan bagian malaikat juga (sama-sama roh kudus). Perbedaannya hanya terletak pada kekuatannya saja. Bahkan, jika Tuhan berkehendak, Dia akan suruh semua malaikat-malaikatNya untuk masing-masing anda semua, tidak peduli apakah anda berdosa ataupun tidak, rajin berdoa ataupun tidak, anak pendeta atau pemimpin agama maupun tidak, asalkan anda memiliki iman (masih ingat kan definisi iman yang sebenarnya?), Tuhan rela kasih apapun yang Dia miliki untuk anda.

Tapi, bukan berarti Tuhan bisa dipermainkan. Mentang-mentang Tuhan itu Maha Pengampun, emangnya ente-ente bisa seenaknya jatuh dosa lalu minta ampun, tobat sebentar, lalu buat dosa lagi dan minta ampun lagi? Weeeek, Tuhan itu ngga bego. Orang macam gini dosanya dua kali lipat gedenya. Kalo udah ditolong, ya langsung tobat. Jangan balik lagi ke dosa (sebenarnya gw ngomongin diri gw sendiri nih hihihi). Neraka untuk orang beginian berada di tingkat paling markotob, dan paling menyiksa di antara semua tingkat neraka yang ada.

*Mikir lagi* Apa lagi yah yang harus gw bilang lagi? Aye udah kehabisan topik. Well, kalau ada tambahan lagi, aye bakal nambah lagi deh. Untuk sementara begini saja dulu. Kalau ada pertanyaan, silahkan ditanyakan. Siapa tahu bisa jadi topik di postingan aye berikutnya.

PS: Sumber pokok bahasan tulisan ini berasal dari alkitab. (Saya tidak berani mencatat soal beginian berdasarkan opini semata, apalagi rekaan.)


17 komentar:

  1. uhuy, TOP deh nes,
    gw yang sangat jarang baca kitab suci kalo bukan di gereja ini, sama sekali kagak tau apa-apa loh. hihihi, tapi akhirnya diriku bisa mengerti sedikit ttg malaikan-malaikat itu....

    BalasHapus
  2. Keren banget Nes...Kamu kok ga jadi pendeta?
    Kalo aku, tahunya malaikat itu di ciptakan dari cahaya...

    BalasHapus
  3. Aduh, kepanjangan,
    aku absen dulu. :)
    Scroll atas, baca lagi..

    BalasHapus
  4. Frey, rajin amat ya.. baca alkitab, salut!

    BalasHapus
  5. Oh iya.. aku suka keterangn yang jangan macam2 sama anak kecil, haha..
    Aku dulu sering dijailin dan disakiti waktu kecil.. mungkin itu sebabnya Tuhan sayang banget sama aku sekarang, Frey...

    Thanks God!!!!

    BalasHapus
  6. Hm.....
    nice posting tentang malaikat ...
    Aku punya tetangga yang namanya angel...

    BalasHapus
  7. bagooos
    sekarang gue pengen punya anak dengan nama tengah seraphim ahahha

    aduh aku guilty,
    mengulang dosa yang sama

    aih..... aiih....

    BalasHapus
  8. malaikat? paling apal namanya malaikat jibril hehehee

    BalasHapus
  9. tapi ngemeng ngemeng
    kalo MIkael itu sama dengan michael gak sih?

    BalasHapus
  10. aturan aye bagi dua yeh postingan hari ini. Kepanjangan bok (capek nge-scroll)

    @slamdunk: mikael sama michael itu yah sama. Ngga baca ya? *getok slamdunk*

    BalasHapus
  11. wuiiihhhhh ternyata macam2 yak.... aq loh gak gitu tau..... ^^

    BalasHapus
  12. angel it malaikat, artinya sudah apa ya, membumi ut manusia manusia baik hati dan ramah, dan wkwkw.. malaikatku sapa yakk

    BalasHapus
  13. pembahasan yg keren dan top abis. jadi pengen liat malaikat nih.

    BalasHapus
  14. infonya komplit banget nih mbak... makasih ya baca postingan ini jadi tambah ngerti... salam kenal n' salam kasih...

    BalasHapus
  15. hiiiii... takut. dosa gua banyak banget soalnya, hihihi...

    BalasHapus

Tuliskan kesan dan pesan anda. I only receive spam from friends only, please. Thank you.