Jumat, 16 Juli 2010

Mengapa Wajah Suami-Istri Semakin Lama Semakin Mirip?




Orang yang berjodoh sering disebut memiliki wajah yang mirip. Peneliti menemukan sebutan seperti itu memang benar dan pasangan pria - wanita memang cenderung memiliki wajah yang mirip.

Psikolog University of Michigan Robert Zajonc melakukan percobaan untuk menguji fenomena ini.

Ia menganalisis foto-foto dari pasangan yang diambil ketika masih pengantin baru dan foto-foto dari pasangan yang sama 25 tahun kemudian.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan telah berkembang menjadi mirip satu sama lain dari waktu ke waktu.

Dan jika pasangan itu bahagia, maka semakin besar kemungkinan memiliki peningkatan kesamaan fisik. Zajonc menduga pasangan yang makin tua tampak makin mirip, karena mempunyai kontak dekat dan meniru ekspresi wajah masing-masing.

Dengan kata lain, jika pasangan memiliki selera humor yang baik dan banyak tertawa, mungkin dia akan mengembangkan garis tawa di sekitar mulutnya begitu juga pasangannya.

Bukti lain juga menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan mungkin tertarik untuk berpasangan dengan kepribadian sama. P ada 2006, ilmuwan di University of Liverpool meminta peserta ikut studi untuk melihat foto individu dari laki-laki dan perempuan dan menilai kepribadian mereka.

Para peserta tidak tahu orang yang di foto menikah dengan siapa, tapi pasangan yang telah bersama-sama lama dinilai memiliki kepribadian yang lebih mirip.Sementara manusia juga mudah jatuh cinta dengan orang yang punya DNA mirip.

Dalam sebuah penelitian anak kembar, ilmuwan dari Universitas Western Ontario menemukan bahwa tidak hanya peserta penelitian cenderung memilih pasangan dengan gen yang sama, pasangan kembar identik juga lebih mirip daripada pasangan kembar non-identik.

10 komentar:

  1. hmmm.. pas masa pacaran juga, biasanya kalo udah jalan lama banyak yang bilang mirip, padahal kalo g ngaca jelas2 g beda banget ama co g. mata g sipit, co g matanya gede, muka g tirus oval, co g bulet tembem dimana letak kemiripannya ? hahahaha~

    BalasHapus
  2. wkwkwkkw...
    kerend bgt ne artikel....
    SALAM BERKAWAND..

    BalasHapus
  3. ooo..


    masak sih

    *masih gak percaya

    BalasHapus
  4. Bapak sama ibu ku ko ngga mirip ya ? :P

    BalasHapus
  5. btw aq mirip ga ya dengan doi..hee :D

    BalasHapus
  6. saya juga lama mikirin ini. seprti ada seorang teman pernah mengatakan, ketika seseorang lama menjadi sopir angkot, lama-lama wajahnya jadi mirip angkot juga.

    BalasHapus
  7. iya juga sih
    aku pernah liat pasangan suami istri yang mirip
    tapi abah dan umy ku kok gak mirip yak?
    hehehe

    BalasHapus
  8. hahaha mamiku dan papaku sekarang kalau dilihat-lihat tambah lama tambah mirip.

    BalasHapus

Tuliskan kesan dan pesan anda. I only receive spam from friends only, please. Thank you.