Senin, 12 Oktober 2009

The Most Fool Lover EVER (2)

Yep, Mari kita tuntaskan yang kemarin. Kali ini dari no 4-10


4. Pyramus dan Thisbe


Kisah ini hampir sejenis sama tragedinya Romeo dan Juliet. Tapi, jangan salah. Legenda cinta ini merupakan kisah cinta tertua di dunia, yang dicatat dalam puisi roman pujangga bernama Ovet di abad ke-1. Dan benar saja, Shakespeare yang kita kenal sebagai embahnya drama fenomenal, mengambil inti hasil karyanya dari cerita ini. Wah, ternyata Shakespeare kopiket toh’?! hihihihi.

So, what about their story?

Legenda ini menyebutkan tokoh Pyramus sebagai pemuda paling tampan dan Thisbe sebagai gadis paling cantik di seluruh kota Babilonia. Rumah mereka bersebelahan, yang berada di daerah perumahan orang-orang kaya dan berkuasa. Walau keluarga Pyramus dan Thisbe bermusuhan (Tuh kan’ Romeo dan Juliet banget.), Pyramus dan Thisbe sudah mulai berteman sejak kecil, dan hubungan itu berkembang menjadi cinta menjelang masa remaja. Hal yang ngga pernah gw temuin di cerita lain, katanya Pyramus dan Thisbe saling berbicara dari retakan tembok di antara rumah mereka. Waaa, romantis juga hehehe.



Suatu hari mereka berencana untuk kabur dari rumah, karena Thisbe hendak dijodohkan dengan orang lain. Thisbe pun datang lebih duluan dan menunggu Pyramus yang ngaret di taman umum pinggir hutan. Tiba-tiba datang singa di depannya, gigi dan cakarnya ada darah, karena mungkin singa itu habis makan malam (:p). Thisbe kontan lari ketakutan, tapi si singa (yang mungkin kaget) malah mengejar dan sempat menyobek baju Thisbe dengan giginya. Thisbe berhasil lari dan bersembunyi di semak-semak, jauh dari singa, sementara si singa malah memungut sisa-sisa jarahan dari Thisbe berupa kain sobekan dan juga kalung.

Pyramus yang jelas nggak tahu kejadian sebenarnya, kaget setengah mati melihat kalung Thisbe di mulut singa yang lagi melenggang santai di jalan pulangnya menuju hutan. Nalar Pyramus berjalan dan menyimpulkan Thisbe telah mati dimakan singa. Putus asa dan sedih, si Pyramus bodoh menusukkan pedang ke dadanya dan mati.

Thisbe yang sedang bersembunyi, bingung karena Pyramus nggak datang-datang. Dengan takut-takut dan sedikit was-was, ia berjalan mencari Pyramus sambil mewaspadai sosok singa di sekitarnya, tapi yang dia temukan malah jasad Pyramus di atas tanah, dan ia pun mengerti alasan kekasihnya mengakhiri hidupnya. Si Thisbe bodoh menarik pedang di dada Pyramus dan menusukkannya ke dadanya juga.

Mati berdua deh’ jadinya.

Haish, haish. Please deh, hal beginian nggak ada romantisnya. Apapun alasannya, kalau masalah bunuh diri tetap aja DOSA BESAR. Udah pasti masuk neraka. Ada di mana letak romantisisme jika jiwa berada di dalam neraka?

Aye punya teman yang nyaris secara harafiah, ’membunuh ceweknya sendiri’. Temanku bawa mobil di kecepatan yang gila-gilaan dan yang mati malah orang yang duduk di sebelahnya. Gw mungkin ngga tahu kondisi dia saat itu, tapi yang jelas sampai sekarang dia SANGAT AMAT bersemangat menjalani hidupnya dan dia tidak trauma untuk punya cewek lagi. Dan kalau diputusin oleh ceweknya, dia akan bilang,

“Yah, namanya juga BUKAN belahan jiwa yang sebenarnya. Wajar, kalau dia minta putus.”

See?

FYI, Dia tuh tiap punya cewek pasti serius. Bukannya main-main, dan pastinya bukan cuman sekedar pengisi waktu kosong semata. Dan walau dia diputusin cewek pun, dia tetap optimis karena dia tahu inti kehidupan tidak berkitar di antara pacar doang.

MATI KARENA PACAR?

NGGAK ROMANTIS BANGEEEET!!!!!


5. King David, a.k.a Raja Daud



Tumbuh sebagai anak kecil pembunuh raksasa bernama Goliat karena bimbingan Tuhan-nya, ia pun semakin menggaungkan nama Tuhan yang dia sembah dan kemenangan demi kemenangan dia peroleh hingga negerinya meluas dan seluruh suku Israel bersatu di dalam pemerintahannya.

Nama Daud begitu diagungkan karena keberhasilannya memenangkan banyak peperangan, kepiawaiannya dalam berdiplomat dan juga bakat bermain musik yang hampir disamakan dengan permainan alat musik surgawi. Yep, dia sangat hebat sebagai Raja, dan mungkin memang dialah Raja yang paling hebat sepanjang masa. Catatan teks kuno mengatakan banyaknya perang yang dia menangkan, dan jumlah kemenangannya dijamin nggak bisa dibandingkan Raja lainnya. Genghis Khan? Kaisar Roma? Alexander The Great? Ahh, lewat dah semuanya.

Tapi, Daud sebagai seorang kekasih? WAH, NGGAK BANGET DEH GAYANYA. Kalau kalian menganggap membunuh suami orang itu sah demi mendapatkan istrinya, berarti ada yang salah sama otak kalian. Segera periksakan diri kalian ke ahli saraf terdekat. SEKARANG!!!

Beuh, si Daud juga bego banget kalau dia mengira ngga ada yang tahu dia ngintipin Betsyeba mandi. Dia pikir perintahnya yang menyuruh suami Betsyeba, Uria berdiri di posisi barisan pasukan paling depan dan membuatnya mati ‘secara tidak sengaja’ oleh panah-panah musuh, tidak akan mengusiki kehidupannya sama sekali.

Setelah Betsyeba melahirkan anak Daud, nabi kerajaan Daud yang bernama Nathan datang ke istana dan bercerita panjang lebar ke Daud mengenai orang kaya dan orang miskin. Dia bilang begini,

“Ada orang kaya dan orang miskin dalam satu kota. Si kaya mempunyai kambing domba dan lembu sapi sangat banyak, sedangkan si miskin hanya mempunyai seekor anak domba betina yang kecil, yang dibeli dan dipeliharanya. Anak domba itu menjadi besar dan tumbuh bersama anak-anaknya, makan dari suapnya dan minum dari pialanya dan tidur di pangkuannya, seperti anak perempuan baginya.

Pada suatu waktu orang kaya mendapat tamu, dan ia merasa sayang mengambil seekor dari kambing dombanya atau lembunya untuk memasaknya bagi tamu di rumahnya. Ia lalu mengambil anak domba betina milik orang miskin dan memasaknya untuk tamu-tamu di rumahnya.”

Daud marah pada orang kaya itu dan dia ngomong kayak begini, ”Demi Tuhan, orang kaya itu harus dihukum mati, dan anak domba betinanya harus diganti empat kali lipat karena ia tidak mempunyai belas kasihan.”

Nathan malah berkata, ”Engkaulah orang kaya itu!”

BWAKAKAKAKA.......seruuuuu. Keren banget si nabi Nathan Photobucket

Dia pun bilang kalau keturunan Daud akan dikutuk, bahwa pedang tidak akan menyingkir dari keturunannya, istri-istri Daud juga akan ditiduri orang lain di depan matanya sendiri pada siang-siang hari di mana semua orang juga akan melihatnya. Karena Daud melakukan dosanya secara tersembunyi, Tuhan malah buat semuanya itu terang-terangan biar semua orang tahu. Anak yang baru lahir dari rahim Batsyeba pun dikutuk mati oleh Tuhan-nya Daud.

EBUSET!!! Dari cuman bunuh satu orang, sampai ribet begitu hasil perbuatannya. Dan itu sungguh benar-benar terjadi. Absalom, anak Daud sendiri, malah meniduri istrinya. Keturunannya juga bisa dibilang....err...menyedihkan.....terus-terusan perang dan perang, dipenuhi jalan pedang seperti kata Tuhan-nya Daud.

Err...boleh yah' gw singgung soal Daud sedikit lagi. Ada cerita mengenai dia yang buat aye terkagum-kagum sama dia.

Memang benar dia sudah berdosa besar yang sangat memalukan, tapi spirit ‘pertobatannya’ sungguh mengagumkan loh. Dia Raja, tapi demi Tuhan dia mau menari-nari dengan gaya err...memalukan sampai-sampai orang yang berani menghinanya diberi kutukan oleh Tuhan. Apalagi saat dia diberitahu bahwa dia bak ‘orang kaya’ di atas, dia nggak segan-segan merendahkan diri dengan membaringkan tubuh di atas tanah sambil berpuasa.

Lalu, yang paling buat aye terharu....saat Absalom, anaknya memberontak padanya.

Ah, ayah mana yang nggak sedih kalau anaknya sendiri malah ingin membunuhnya? Terutama jika disebabkan oleh hal yang sepele dibandingkan ikatan ayah-anak, yaitu perihal tahta Raja. Pada waktu itu, Daud memakai pakaian berkabung (mungkin karena saking sedihnya ya?) Setelah pasukan Absalom menyerang kota Daud, semua orang bersorak-sorai karena Absalom akhirnya kalah. Tapi, di tengah-tengah keramaian itu, Daud terus-terusan bertanya sama pembawa pesan dari pasukan perangnya.

”Bagaimana keadaan Absalom, anakku? Apa dia baik-baik saja?” Pertanyaan itu terus mengganggu pikirannya. Dan ketika dia tahu anaknya mati oleh pedang Yoab, salah seorang jenderalnya, Daud pergi ke kamarnya dan menangis habis-habisan sambil berteriak, ”Anakku...Anakku, Absalom....seandainya aku yang menggantikan engkau mati.”

He’s not a good lover, but he’s a good King and a good father.



6. Alexander The Great



Hayok ngaku, siapa yang nggak tahu nama Alexander The Great? Siapa yang nggak pernah dengar ceritanya? Gak apa-apa kok kalau ngaku, gw ngga bakalan gigit kok, palingan cuman ngakak gede doang hehehe.

Iskandar Alexander, atawa Alexander The Great adalah anak Raja Kerajaan Macedonia, yang hanya kerajaan kecil, tapi kemudian menjadi besar setelah menaklukkan Persia, Mesir, Siria, Mesopotomia di usia yang memang sangat muda sekali. Sedari kecil dia sudah diajar oleh guru kenamaan yang namanya sudah kita kenal secara luas, Aristoteles. This well-educated boy, mengaplikasikan ajaran gurunya pada sistem pemerintahannya, terutama oleh budaya yang diciptakan oleh negara rintisannya. Macam-macam budaya negeri yang dia taklukkan, dia campur aduk jadi satu, jadilah gado-gado hehehe…yah pokoknya budaya Hellenisme jenis terbaru deh. Ribet jelasinnya, karena nggak penting, tapi sangat mencolok di status Alexander sih.

Ya-ya, lalu bagaimana dengan kisah cinta Alexander?

Susah menjelaskannya, karena cinta Alexander terpaut pada seseorang bernama Hephaestion, yang juga merupakan teman baik Alexander, nyaris berwajah sama, sehati, bahkan Aristoteles menggambarkan mereka seperti ‘satu jiwa yang bertubuh satu’. Sayangnya, Hephaestion adalah seorang…..pria…... kyaaaaaa….kyaaaaaa…..yaoi romantic…..kikikikiPhotobucket

Duh, aye cakit peyut dah. Keren-keren, masih muda udah punya kerajaan gede, tapi maho. Jujur, dulu waktu aye SMA, aye patah hati pas tahu tokoh sejarah yang aye kagumin malah maho. Udah gitu dia matinya juga karena stres berkelanjutan lantaran Hephaestion sudah mati.

Apa gunanya coba’ dia punya guru hebat sekelas Aristoteles?

Bagaimana dengan agama yang dia ciptakan sendiri?

Jah, dia sendiri malah nggak bisa mengatasi duka.

Life still must go on, even after the one we hold most dear has dead.

Dan, kenapa pula mesti jatuh cinta sama sesama jenis?

Hajuh...... Photobucket


7. Princess Mermaid



Tauk kan’ cerita putri duyung yang mencintai manusia? Dan kemudian merubah dirinya menjadi sama seperti manusia dan berusaha mendapatkan pangeran impiannya, walau bibir kelu dan tak satu kata pun bisa keluar dari mulutnya untuk mengatakan perasaan cintanya. Di akhir cerita, pangeran impiannya lalu menikah dengan wanita lain dan si putri duyung berubah menjadi buih.

Bodoh bangetlah cinta beginian. Kalau dia benar-benar mencintai seseorang sampai rela melakukan apa aja demi pujaan hati, seharusnya katakan saja. Well, si putri duyung memang tidak bisa ngomong, tapi memangnya komunikasi hanya bisa dilakukan oleh kata-kata ya? Dengan bahasa tubuh bisa, bahasa isyarat, tulisan ceker ayam di kertas atau di atas pasir. Apa aja bisa jadi tanda bahasa cinta kalau dia memang benar-benar tidak bisa bicara. Kalau bisa bicara, ya mulut dipake-lah. Nggak usah mikir susah-susah soal gender dan sebagainya, beserta rentetan protes tikus cecurut.

JUST SAY IT !!! THOSE THREE DAMN WORDS.

SUSAH AMAT SIH.

Ah, jadi keingat sama tokoh lain.

Oh iya. Mungkin juga nilai yang terkandung dalam fairy-tale ini adalah cinta antar spesies yang berbeda, mermaid dengan manusia. Golongan yang tidak sama. Yang kalau ditaroh di zaman modern, antara selebriti dengan non-selebriti. Mbok ya nyadar kalo diri tak akan pernah bisa dicintai oleh Prince Harry and Prince William, atau para adam yang memimpikan Taylor Swift dan Miyabi. Ya udah, jangan ngotot untuk memaksakan diri. Ada kalanya kita harus berhenti mengejar cinta yang bukan belahan jiwa kita.

Keep it in your mind, belahan jiwa sejati pasti akan mencintaimu balik. It will never be love from one side only. Tapi, bukan berarti cinta akan datang tanpa usaha. Berusaha itu juga penting, tapi segera hentikan semua usahamu dan juga perasaanmu, ketika semua yang kau lakukan untuknya malah mengganggu dan merusak hidupnya.



8. Chuck Bass



Nama lengkapnya adalah Charles Bartholomew Bass. Seorang remaja yang menghabiskan malam-malam panas bersama selusin gadis cantik setiap hari, ambisius, culas, dan playboy paling ‘rrrrr!!!’ versi penulis (ehem!). Dalam serial gossip girl, dia digambarkan apik dengan aktor keren Ed Westwick, yang sangat teramat pas sekali memainkan perannya. Entah itu tatapan mata tajamnya yang menggoda, dan gayanya yang sedingin es Antartika.


Ow…ow…ow suaranya…..saya belum bilang soal suaranya ya? Aduh maaaak, semriwing dah kalo dengerin desisan suara bass-nya di telinga.


Uh, seksi sekali….rasanya ingin mengulum dua lipatan merah cherry lembab di bibirnya dan juga menyentuh lembut rambut hitam sutranya. Lalu berdua, saling melemparkan intimidasi yang dipancarkan kedua mata kami. Tak perlu kata untuk berucap, hanya mata yang menyampaikan isi hati yang sesungguhnya. Sapuan lembut jemariku akan mengusap perlahan lekukan dramatis sisi wajahnya, terutama di bagian sisi di mana senyum sinisnya selalu membuatku beku, terpana.

“Dear poor love, always looking for you have not known.”

Desis suaraku terbuai di daun telinganya, dan ia menutup mata, menghayati tiap resonansi kata yang direkam dalam pikiran.

“Like northern star, I’ll lead your way, love. And you will not ever feel misery again.” kataku lagi.

Ia tersenyum lamat, dan mencondongkan bibir merah tipis ke depan daun telingaku. Hembusan nafas dalamnya menggetarkan saraf dari ujung daun telinga hingga ke seluruh tubuhku. Bulu kudukku meremang, merasakan helaan nafasnya.

“As long you’re with me, love. I think I already know what may my heart has been searching for.”

Dan aku pun pingsan kegirangan kyaaa kyaaa…..


Ah sudahan ah mengenai khayalan aye kikiki. Yang aye suka cuma karakternya doang. Kalo Ed Westwicknya sih aye nggak tahu bakalan suka apa enggak.

Yep, Chuck emang keren, tapi dia terlampau gengsi untuk menyebutkan tiga kata legendaris yang bisa merubah seluruh hidupnya dalam semalam. Just say it to Blair that you love her, dear. Kok susah banget sih ngomongnya? Nyiah, terima dah tuh konsekuensinya sendiri. Tapi, gw barusan sempat baca artikel terbaru dia..err...baru headlinenya doang sih. Katanya si Chuck bakal jadi pecinta sesama jenis di season 3. BAHKAKAKAKAKA.

Ini dia letak kebegoan terbesar. Berubah haluan percintaan karena trauma mencintai spesies yang terlalu dinilai subyektif mengempiris. Halah, bahasa yang susah. Tapi kenyataannya, jenis seperti ini banyak sekali. Dengar-dengar kota Jakarta sudah mulai banyak pria yang diserang badai beginian. Pokoknya hati-hati aja sama cowok-cowok bertampang cantik di Jakarta. Sudah terlampau banyak sekarang. Hiiii....ngeri....


9. Minos

Di sebuah Kerajaan bernama Kreta, salah seorang anak laki-laki keturunan Raja sedang berperang melawan saudaranya untuk mendapatkan tahta Raja. Minos pun meminta Dewa Poseidon mengirimkan kerbau putih sebagai tanda persetujuan. Kerbau ini seharusnya dikorbankan oleh Minos sebagai rasa terima kasih pada Poseidon, tapi ia tidak juga melakukannya karena ia lebih suka menyimpan kerbau cantik itu sebagai koleksi. Dewa Poseidon marah dan akhirnya menyihir istri Minos, Pasiphae untuk jatuh cinta pada kerbau yang berasal dari lautan, Cretan Bull.

Posiphae yang sedang di mabuk asmara pada kerbau, meminta Daedalus (arsitek terkenal) membuat pahatan kayu seperti layaknya kerbau untuk membuat Cretan Bull sudi bercinta dengannya. Anak yang lahir dari hubungan manusia-kerbau itu bisa ditebak, yaitu makhluk berkepala kerbau dan berbadan manusia, namanya Minotaur.

Makanya, jangan terlalu mencintai kekuasaan, apalagi kecanduan ‘kerbau putih’ yang cantik. Nanti anaknya malah jejadian macam Minotaur. Tapi, kasihan juga si Minotaur. Minos menyuruh Daedalus membuat labirin raksasa untuk mengurung Minotaur, agar yang ada di dalam tidak bisa keluar dan juga sebaliknya. Anehnya, ada upacara aneh setelahnya, yang memberi makanan pada Minotaur berupa gadis-gadis muda. Hiiii…..atut.


10. LOVER paling bodoh SE-JAGAD RAYA

Ngomong-ngomong ada loh yang paling bodoh. Bahkan, nomor SATU SEDUNIA. Di dunia ini nggak ada yang bisa bandingin deh. Dia itu anehnya, mencintai gw apa adanya, padahal gw ini udah bego, jahat, suka ngupil, suka kentut di mana-mana, gw sering teriak-teriak protes nggak jelas, tapi ‘DIA’ tetap mencintai gw.

Terus, saat gw dihina-hina, direndahkan orang lain, bahkan oleh orangtua sendiri, hingga gw merasa gambar diri gw rusak selama bertahun-tahun, DIA datang begitu aja dalam kehidupan gw suatu hari dan bilang kalau gw ini sempurna sedari awal. Gw ini sempurna dan nggak boleh seorangpun di dunia yang boleh merendahkan gw, apalagi menghina gw. Dia juga bilang akan memberi semua yang menghina aku sebuah pelajaran menyakitkan karena tidak boleh seorangpun berlaku demikian padaku.

Demi gw doang, demi seorang gw doang yang tidak sempurna, ‘DIA’ katanya mau memberikan apa aja, entah nyawa, harta, bahkan daging dan darah ‘DIA’ juga akan diberikan buat gw makan. Apapun masalah gw, apapun keadaan gw, ‘DIA’ mau ngertiin gw dan ikut nangis sama gw.

DIA juga orangnya ngototan, katanya DIA harus selalu ada di sisi gw, nggak peduli betapa kuat keinginan gw untuk menghindari DIA, tapi DIA nyatanya nggak pernah biarin gw jalan sendirian. Diam-diam DIA selalu ngikutin dari belakang tanpa gw ketahui. DIA juga selalu menyuruh orang-orang suruhan untuk ngawasin gw dan gw sendiri pun kadang-kadang merasakan kehadiran orang suruhan tersebut. Kadang satu-dua orang, bahkan lebih.

Jujur, gw suka risih kalau jalan sama ‘DIA’, bahkan gw sering malu dilihatin orang kalau lagi jalan bareng. Maklum, banyak orang yang nggak suka DIA. Musuh DIA banyak sekali dan selalu ada di manapun gw pergi. Banyak orang yang selalu berlaku berbeda sama gw, begitu mereka tahu gw ada hubungan sama DIA. Dan orang-orang banyak juga memasukkan gw dalam label ‘buruk’ karena DIA. Tapi, DIA tetap mau mengerti kesusahan gw dan melindungi gw dari musuh-musuh DIA yang mau mencelakakan gw. Dia juga memberi pelajaran sangat banyak sekali ke gw supaya gw menjadi lebih dewasa dan lebih bijak.

Walau gw sering nggak setia dan selingkuh sana-sini, DIA tetap nggak mau meninggalkan gw satu senti pun. DIA, dengan menjatuhkan harga diri, selalu mencari-cari gw tanpa lelah di kala gw mau menjauh dari sisi DIA. Tapi, DIA akan terus-terusan berdiri, mengetuk pintu di luar, menunggu gw membukakan pintu buat DIA. Dan saat gw menyesal atas perbuatan gw yang salah, DIA selalu membuka tangan lebar-lebar menerima gw kembali. Seolah amnesia, DIA nggak pernah ingat-ingat lagi kesalahan gw yang dulu dan hanya mengingat semua hal baik yang gw lakukan buat DIA.

Nggak peduli berapa kali pun gw melakukan kesalahan sama DIA, dari kesalahan kecil hingga kesalahan besar yang bisa membuat DIA menangis meraung-raung kesakitan, DIA tetap mau menerima gw kembali, dan dengan lirih penuh senyum, DIA akan bilang,

“Forever….and ever…..walau seluruh dunia berubah sekalipun, tapi CINTAKU nggak akan pernah berubah untukmu, nes.”

Ya, ampun. Kok bisa ya ada ORANG SEPERTI ITU?

Dan memang Cuma satu orang yang bisa seperti itu.

Siapa lagi kalau bukan Tuhan Yesus.

Pecinta paling bodoh yang mau mencintai gw, walau gw banyak ngelakuin kesalahan sama DIA.

Gw beruntung bisa mengenal DIA dan bersyukur atas anugerah-Nya itu.

I love YOU too, Lord.


7 komentar:

  1. yes. Only Jesus who can accept us with all of our sin

    BalasHapus
  2. Inez, kamu menceritakannya dg kocak dan segar ttg cinta sesungguhnya dari sang Penebus. tadinya, kupikir cowok mana yg sebaik itu sama kamu. ternyata...hmm...salute.

    BalasHapus
  3. nez, kamu bakat banget deh nulis..keren (tau sih kamu ga suka dipuji2) tapi gimana donk, emang beneran kok

    BalasHapus
  4. You know what, nes.
    Daud adalah salah salah satu dari nama gua. Wuakakak,jadi kalo di gereja dulu pas sekolah minggu kalo ada nama Daud kesebut, beberapa temen gua pasti langsung nengok ke gua... wuakakak...

    Tapi kalo dipikir-pikir Gua ada kesamaan sama Raja Daud, sama-sama seseorang yang hebat (Good king) dan akan menjadi ayah yang hebat (Good Father)
    Sayang sampe sekarang gua masih jomblo... Not a good lover... wuakakak...

    BalasHapus
  5. ya ampuun..yang terakhir itu sadis banget. btw, baru tau kalo alexander the great juga masuk dalam kategorimu. hihihi

    BalasHapus
  6. Tulisanmu kayak koran, panjanggggggggggggggg :P

    BalasHapus

Tuliskan kesan dan pesan anda. I only receive spam from friends only, please. Thank you.